Cari Blog Ini

Jumat, 28 Januari 2011

Mineral Urat Primer dan Sekunder

Mineral mineral urat primer ialah yang pertama terbentuk dari larutan yang naik (magma) sedangkan yang sekunder berasal dari primer karena pengaruh dari larutan atau air yang mengandung O2 dari permukaan air tanah yang meresap ke bawah. Mineral - mineral primer yang penting ialah pyrite, chalchopyrit, sfalerit dan galenit.
Karena pengaruh oksidasi ini terbentuk senyawa senyawa yang mengalami oksidasi dan terjadi mineral - mineral baru karena kehilangan oksigen dalam air dalam jarak yang pendek saja, maka mineral - mineral sekunder tadi hanya terdapat dibagian teratas dari urat - urat saja. bersama sama dengan pembentukan mineral - mineral sekunder tadi, terddapat penghanyutan logam - logam yang penting kebawah dalam urat - urat tadi. hal ini dkarenakan pelapukan di bagian atas dan diendapkan dibagian dalam, sehingga terjadi perkayaan sekunder.
Jadi daerah mineral - mineral sekunder ini merupakan daerah perkayaan juga. Hal ini penting, karena 30-100 m di bawah atau dari bagian atas urat tadi merupakan bagian terkaya dari suatu endapan. Bijih - bijih dibawahnya berubah ke bagian yang tidak mengalami perubahan dan perkayaan yang pada umumnya terlalu merugikan untuk ditambang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar